Science in disney

Science in disney
frienship

Rabu, 09 Oktober 2013

HUBUNGAN FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN



   
   A.    FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN
1.Filsafat
Filsafat itu sendiri itu berasal dari bahasa yunani yaitu Philia/phillein : Cinta,senang dan Sophia : Kebijaksanaan. Alasan mengapa filsafat itu berasal dari bahasa Yunani karena Yunani merupakan  salah satu negeri sumber ilmu pengetahuan dan para ahli filsuf kuno seperti Plato,Aristoteles dan Socrates juga berasal dari bangsa Yunani.
Dapat dikatakan filsafat itu adalah ilmu yang mencintai kebijaksanaan dan dalam proses pencarian kebijaksanaan ,manusia cenderung juga harus mencari kebenaran.Pada hakekat nya perbuatan yang bijaksana itu meliputi sifat yang benar,baik dan adil yang berasal dari perenungan akal pikiran dalam menciptakan sesuatu yang lebih baik.Orang yang berfilsafat mencari kebenaran dalam proses pemikiran yang dalam dan disertai penalaran yang rasional atau dapat diterima oleh akal.
Filsafat itu sendiri merupakan akar dari pengetahuan,pengetahuan mengenai apa yang diketahui dan pengetahuan terdalam dari akal pikiran manusia.Dalam berfilsafat manusia itu selalu menggunakan daya pikir.Orang yang berfilsafat itu akan terus berfikir dan merenung  namun hasil dari pikiran dan renungan tersebut direfleksikan dalam bentuk penalaran yang rasional,sehingga terdapat wujud konkrit dalam proses pencarian kebenaran.
2. Filsafat Ilmu Pengetahuan.
Proses penciptaaan suatu ilmu pengetahuan membutuhkan suatu pembuktian mengenai kebenaran dalam kajian ilmu pengetahuan tersebut.Disinilah peran filsafat dan kaitannya dalam ilmu pengetahuan. Suatu ilmu pengetahuan itupun tidak langsung diterima keberadaannya,filsafat inilah yang menjadi sebuah refleksi kebijaksanaan dari suatu ilmu pengetahuan itu akan menjadi berkah atau bencana (kutukan ) bagi umat manusia.
Filsafat ilmu pengetahuan itu sendiri merupakan upaya yang dilakukan manusia dalam memahmi suatu konsep dan metode dari sebuah ilmu pengetahuan.Para ahli filsuf akan memikirkan tentang dampak yang diciptakan dari sebuah ilmu pengetahuan tersebut. Para filsuf ilmu pengetahuan meneliti tentang ilmu pengetahuan itu bukan dari segi empiris dan eksperimental seperti yang dilakukan para ilmuawan namun menggunakan analisis dan reflektif.

3.Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adala suatu usaha manusia menciptakan suatu pengetahuan yang telah dibuktikan dan telah dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya atau kebenarannya. Ilmu pengetahuan itu bukan hanya sekedar pengetahuan (knowledge) tetapi dibutuhkan usaha untuk memastikan  kepastian dan kebenaran dari suatu ilmu pengetahuan.Ilmu pengetahuan itu mendapat bukti nyata dan pertanggungjawaban dari kebenarannya  melalui penyelidikan (investigasi ) dan juga eksperimen dalam suatu pengalaman yang empiris sehingga suatu ilmu pengetahuan itu dapat dipercaya kebenaran teori-teori nya.
4.Pengetahuan (Knowledge )
Pengetahuan itu adalah segala sesuatu yang diketahui manusia yang didapatkan dari alam sekitarnya.Pengetahuan merupakan tanggapan dan pemahan subjektif  manusia terhadap sesuatu (objek) di keadaan nyata (ril ) dan juga bersifat factual.Dalam pengetahuan kebenaran dan kepastian dari apa yang telah diketahui itu masih belum  dibuktikan secara eksperimen dan belum bersifat empiris.
5.Biologi
Biologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengkaji tentang makhluk hidup.Biologi bukan hanya sekedar pengetahuan (knowledge ) tetapi sudah menjadi ilmu karena teori-teori yang ada pada ilmu biologi itu telah mengalami proses eksperiment dan telah dikaji dalam kejadian yang bersifat empiris. Salah satu contoh teori bilogi adalah proses fotosintesis pada tumbuhan,proses tersebut bukan hanya sekedar teori namun telah banyak percobaan-percobaan (eksperimen ) dalam mengkaji kebenaran teori itu sehingga bersifat factual dalam kehidupan manusia.


6.Pendidikan Biologi
Pendidikan biologi adalah salah satu cabang ilmu yang mengkaji tentang tuntunan  metode-metode yang digunakan dalam mengajarkan ilmu biologi dan dikaitkan kedalam sebuah pengalaman belajar peserta didik. Dalam cabang ilmu pendidikan biologi seseorang itu tidak hanya mempelalalari ilmu murni biologi itu sendiri namun juga mempelajari pedagogic (ilmu pengajaran) yang dapat menuntun peserta didik dalam mempelajari dan memahami peserta didik.

7.Agama
Agama adalah ajaran langsung yang diberikan Tuhan kepada umat manusia untuk menuntun manusia di dalam jalan kebaikan dan kebenaran.Ilmu agama mengkaji segala sesuatu yang berada diluar jangkauan nalar manusia seperti : Apa yang dialami manusia setelah meninggal dunia. Dalam kehidupan agam dan ilmu pengetahuan harus seimbang agar dapat mewujud kan kesejahteraan dan perdamaian pada umat manusia.

B.     PERSAMAAN DAN PERBEDAAN
1        Persamaan antara Filsafat ,Ilmu pengetahuan (Biologi/Pendidikan Biologi) dan Agama :
·         Pada dasarnya segala ilmu pengetahuan itu memiliki dasar paradigma yang sama yaitu :
-        Ontology : Apa
-        Epistemology : Bagaimana
-        Aksiologi : Untuk apa
Ketika kita ingin mempelajari dan mendalami suatu ilmu ,hal pertama yang mendasri adalah dasar filosofis paradigm tersebut
·         Dalam proses dan tujuannya Filsafat dan Ilmu pengetahuan yang lain adalah proses mencari kebenaran demi mewudkan suatu kebijaksanaan dalam hidup
·         Filsafat dan agama berfungsi bukan hanya sebagai proses pencarian kebenaran namun merupakan tuntunan bagi umat manusia untuk terus berada dijalan yang benar dan berpriklaku yang bijaksana(benar,baik dan adil) sesuai dengan ajaran agama.
·         Filsafat dan ilmu pengetahuan  dimulai dengan adanya sangsi ( keraguan ) sehingga mendorong manusia untuk membuktikan kebenaran.
2.Perbedaan antara Filsafat, Ilmu pengetahuan (Biologi/Pendidikan Biolog)i dan Agama :
Ø  Dalam agama tidak perbolehkan adanya sangsi (keraguan) namun harus didasari oleh keyakinan  yang luhur/Iman .
Ø  Sumber Kebenaranan
Filsafat dan Ilmu pengetahuan :
Bersumber dari akal ,budi,rasio,penalaran,alasan (reason) dan vernuff
Agama :
Wahyu Tuhan
Ø  Cara mencari kebenaran
Ilmu Pengetahuan  : melalui penyelidikan,pengalaman dana percobaan membatasi diri pada kejadian yang bersifat empiris
Filsafat : Melalui pemikiran dan perenungan yang dalam /menggambarkan akal budi secara radikal (mengakar)universal dan direfleksikan dalam penalaran yang rasional.
Agama :Membaca Kitab Suci (Firman Allah)
Ø  Sifat Kebenarannya
Filsafat dan Ilmu pengetahuan : Nisbi/Relatif (perlu dibuktikan kebenarannya dan kebenaran itu dapat runtuh apabila ditemukan teori baru yang lebih benar).
Agama : Bersifat mutlak dan harus didasari iman
Kebenaran Filsafat merupakan suatu sekulasi (dugaan ) yang berasal dari pemikiran atau perenungan namun dapat dibuktikan kebenarannya secara empiris,riset dan eksperimen.
Kebenaran Ilmu pengetahuan bersifat positif harus dapat dipastikan kebenarannya  melaluiriset ,eksperimen secara empiris.







1 komentar:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    More than 160k women and men are losing weight with a simple and SECRET "water hack" to lose 2 lbs each night as they sleep.

    It is scientific and it works with everybody.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Take a clear glass and fill it with water half glass

    2) Now do this crazy HACK

    and be 2 lbs thinner in the morning!

    BalasHapus